Rabu, 03 September 2008

Beautiful Musholla



Musholla adalah tempat ibadah untuk orang-orang islam, hanya saja sering orang lupa kalau fungsi musholla dengan masjid adalah sama. Memang tentu saja banyak pendapat yang mengatakan kalau masjid itu lebih besar ukuran dan penggunannya, dilihat dari segi fisik bisa kita meraba seberapa jauh lingkup-lingkup jaringan yang ada di lingkungan sekitar masjid dibandingkan dengan area musholla.


Fungsi masjid secara umum banyak sekali sebetulnya diantaranya sebagai central tempat ibadah dan juga muamalat yang diantaranya adalah jual-beli, musyawarah dan lain sebagainya. Hanya saja orang selalu berbeda pendapat mengenai fungsi, pengertian, dan hukum. Namun okelah kita tidak akan membahas mengenai hal itu, karena memang bukan bidang kita, kita akan berkunjung ke masalah musholla yang katanya juga disebut masjid mini.
Berbeda dengan masjid , musholla bisa dikatakan berkarakter lebih khusus sebagai tempat sholat saja, dan juga orang sering sekali melihatnya sebagai tempat biasa yang tidak punya tuah apabila kita mengerjakan sesuatu diluar kepentingan ibadah, misalnya bermai-main, jagong dan lain-lain yang sepertinya kurang ada manfaatnya. Seakan sudah menjadi cirri musholla yang ada di kampung kita biasa untuk tidur para kawula muda, kemudia saat adzan subuh di kumandangkan seakan mengganggu kenyenyakan tidur mereka saja. Demikianlah kira-kira nasib musholla yang kerap sekali dipandang sebelah mata oleh kita kaum muslim sendiri.
Mari kita kembalikan fungsi tempat ibadah ini sebagai tempat yang nyaman, asri cantik dengan harapan kekhusyuan ibadah dapat terjaga. Sebagian mimpi yang pernah menghampiriku dengan desain fisik musholla yang sangat tangguh bangunannya dan terdapat tempat-tempat fungsional seperti, perpustakaan, shaf khusus kaum hawa, arena diskusi dan tempat mengaji serta kalau ada los untuk jual-beli ataupun promosi. Dengan demikian meskipun kecil tempatnya tapi kalau rapi dan cantik penataannya tentu akan sangat membantu para abid menjaga diri dan lingkungannya khususnya musholla. Karena sudah begitu jauhnya paham orang-orang tentang fungsi musholla dengan hanya nuntuk sholat saja tentu kesenjangan pengertiannya dibandingkan masjid sudah seperti tempat biasa dengan tempat ibadah, padahal fakta di lapangan membuktikan betapa pentingnya musholla bagi kaum lingkungan kecil, seperti lingkup RT ataupun kampong yang di sana memang sangat jauh dengan masjid.
Harapan kita hanyalah membangun kembali image masyarakat kawasan musholla memfungsikan tempat ibadah ini sebagaimana masjid yang juga bisa digunakan untuk I’tikaf, sholat ‘ied, dan lain-lain dengan penataan ahlaqul karimah serta desain musholla yang cantik penuh tempat yang primer dan fungsional.


2 komentar:

Arjuno Sosro mengatakan...

Apakah ada dalilnya untuk memakmurkan mushola...

Arjuno Sosro mengatakan...

Apakah ada dalilnya untuk memakmurkan mushola...